7 Cara Untuk Pemrograman Belajar Mandiri

7 Cara Untuk Pemrograman Belajar – Dalam dunia musik, kita sering melihat gitaris hebat yang telah belajar bermain gitar sendiri. Ini tidak jauh berbeda dengan dunia coding dan pemrograman. Misalnya, pendiri perusahaan IT raksasa ini, Bill Gates, Elon Musk, dan Larry Page, akhirnya mengambil kelas komputer, tetapi belajar coding sejak usia dini.

Faktanya, banyak yang berpendapat bahwa seiring bertambahnya usia, neuron otak tidak sefleksibel ketika mereka masih muda. Jangan berkecil hati dengan mengatakan bahwa Anda tidak sedang mempelajari ilmu komputer atau teknik informasi, dan bahwa Anda hanya tertarik pada pemrograman saat Anda masih muda. Ketika berbicara tentang logika, mempelajari pemrograman bukanlah “tidak mungkin”, bahkan jika Anda membutuhkan lebih banyak ketekunan. Jadi apakah ada tip, trik, gerakan, atau ajaran khusus yang dapat dipelajari oleh masyarakat umum tentang kode? Jelas, Anda tidak perlu mengosongkan komputer Anda dengan tujuh pohon berbunga untuk memasukkan kode pemrograman di Obrolan Grup WhatsApp atau berkomentar di jejaring sosial. Berikut beberapa tips, trik, atau trik yang dibuat khusus bagi mereka yang masih ragu untuk belajar pemrograman.

Belajar Bahasa Inggris

Cara Untuk Pemrograman Belajar Mandiri

Trik ini tidak ada hubungannya dengan dunia pengkodean dan pemrograman, tetapi itu yang paling penting. Karena? Ini karena alat bantu, dokumentasi kerangka kerja, dan tutorial bahasa pemrograman ditulis dalam bahasa Inggris. Jika Anda memiliki penerjemah individu dan Anda telah menerjemahkan setiap kata di layar monitor, itu cerita yang berbeda. Bandingkan kata kunci Google “tutorial pemrograman” dan “tutorial pemrograman”. Forum pengembang juga berbicara banyak bahasa Inggris, seperti StackOverflow. Tidak mungkin untuk berkomunikasi dengan programmer di seluruh dunia dalam bahasa Swahiri.

Pelajari Dasar-dasarnya Terlebih Dahulu

Tidak semua bekerja sekaligus. Apalagi jika menyangkut sains. Godaan terbesar untuk mempelajari pemrograman adalah bingkainya. Dengan kerangka kerja ini, Anda dapat membuat aplikasi dalam beberapa hari, meskipun Anda belum pernah membuatnya sebelumnya. Masalah ini terjadi saat dihadapkan pada masalah khusus yang perlu diselesaikan dengan fungsionalitas dasar bahasa pemrograman. Tentunya kita hanya berjalan di atas permukaan air saja, jadi akan membingungkan.

Buat Rencana Pelatihan dan Pemrograman

Musuh terbesar dari pelatihan pengkodean otomatis adalah kemalasan. Kemalasan ini mencegah semangat gairah yang muncul di awal proses coding. Salah satu kondisi yang sering dialami developer adalah mereka dapat membuat aplikasi sederhana dari tutorial dan membiarkannya. Mereka tidak mencari tutorial tentang cara membuat jenis aplikasi lain.

Untuk menghindarinya, Anda dapat menulis program khusus untuk latihan pemrograman. Membandingkannya dengan seorang samurai, pengaduk harus mengikuti “jalur pedang”. Istilah “jalur pedang” dapat diganti dengan “jalur keyboard” karena senjata yang digunakan adalah keyboard bukan pedang.

Buat Fungsi / Program yang Belum Pernah Anda Buat

7 Cara Untuk Pemrograman Belajar Mandiri

Bisakah pengembang aplikasi diklasifikasikan sebagai pekerjaan kreatif? Tentu saja Anda bisa! Aplikasi atau program biasanya dibuat untuk memecahkan suatu masalah. Tentunya dibutuhkan kreativitas untuk menemukan solusi yang bisa disatukan dalam satu baris kode pemrograman. Tentu saja, secara umum, Anda tertarik dengan tata letak dan desain, terutama jika Anda ingin menjadi pengembang front-end.

Kreativitas dibutuhkan bahkan saat kita masih belajar. Kreativitas menantang kita untuk membuat program dan fitur baru. Sebenarnya, ini ada hubungannya dengan poin sebelumnya. Tentu saja, jika Anda kesulitan membuat fungsi yang belum pernah Anda buat sebelumnya, Anda tertarik. Tentu saja, saya juga menghabiskan waktu untuk berlatih pemrograman. Dengan menentukan tujuan pembelajaran dan rencana yang baik, Anda selalu dapat membuat latihan coding seperti game yang ingin Anda kembangkan.

Pergi Bersama Teman-teman Anda

Sering digunakan sebagai meme, kalimat ini sangat membantu dalam menunjukkan simpati dan simpati serta menumbuhkan semangat untuk belajar pemrograman. Ini adalah keuntungan utama yang dibutuhkan untuk menemukan programmer dan developer berpengalaman lainnya. Bahkan sebagian besar orang miskin di dunia pemrograman tidak ragu-ragu untuk berbagi pengetahuan mereka dengan “orang muda”. Saya sudah dalam posisi belajar baru.

Share to