Contoh Program PHP Memakai If Else

Pada panduan kesempatan ini kita bakal membuat contoh program PHP memakai if else lewat cara simple. Program ini kedepannya bakal memakai penampakan suatu form input yang tampil pada browser. Serta disaat form itu di submit karena itu data yang dikirim dari form itu bakal diolah oleh PHP memakai kode if, else if, serta else.

Buat menuruti panduan ini yakinkan kamu telah sedikit memahami perihal HTML serta PHP. Tapi untuk kamu yang belum memahami keduanya akan juga saya terangkan. Serta pada contoh program ini kita bakal memakai buat paham grade nilai dari A hingga sampai D.- Berikut contoh programnya.

Contoh Program PHP mengggunakan If Else

Langsung kita catat contoh kode programnya sebagai berikut:

Sesudah usai menulis contoh kode di atas serta disimpan ke path C:xampphtdocslatihan lalu kasih nama grade.php. Lantas laksanakan kode itu pada browser dengan memakai url localhost/latihan/grade.php. Tapi awal mulanya XAMPP kamu telah digerakkan lebih dahulu, seandainya kamu telah benar menulis kode di atas maka tampil seperti gambar di bawah:

Saat ini silahkan coba-coba tambahkan nilai di antara 0-100, pada perumpamaan ini saya bakal coba masukkan nilai 95 maka membuahkan “Nilai: 95 Mendapat Grade: A” mirip contoh gambar di bawah:

Keterangan Kode:

Pada contoh kode di atas pada baris nomor 9 – 12 ada suatu tag HTML form. Tag form itu mempunyai atribut method=”POST” yang mempunyai arti data yang dikirim memakai cara post, serta atribut action=”grade.php” yang mempunyai arti data dikirim ke file grade.php yakni yang disebut file tersebut. Di dalam form itu ada suatu input text (baris no 10), yang mempunyai atribut name=”nilai”. Lantas pada baris nomor 11 ada tag HTML input tipe submit, input ini mempunyai atribut name=”submit” serta value=”Kirim”. Atribut name=”submit” bermakna dalam php bakal diterima jadi variabel $_POST[‘submit’], serta value=”Kirim” bermakna penampakan tombol submit itu bakal mempunyai tulisan text Kirim.

Saat ini kita lanjut ke keterangan kode PHP if else. Pada baris nomor 10 serta 11 ada kode $nilai = “”; serta $grade = “”;, kode itu bermakna membuat variabel kosong dengan nama $nilai serta $grade. Variabel ini yang kedepannya dipakai dalam kode if else.

Sesudah itu pada baris nomor 23 ada awal kode if sebagai berikut if( isset($_POST[‘submit’]) ){. Arti dari kode itu adalah untuk paham apa tombol submit telah di click atau belum, bila telah di click maka jalankan kode yang ada di dalam blok kode if itu. Mempunyai arti bila suatu hal yang ada di dalam kurung di dalam if itu mempunyai nilai boolean TRUE maka jalankan blok kode if didalamnya. Pada perumpamaan ini kode yang ada di dalam kurung if itu yaitu isset($_POST[‘submit’]. Isset() tujuannya buat melihat ulang satu variabel pada PHP, seandainya variabel itu telah di set (dibikin) maka membuahkan nilai true. Serta kode $_POST[‘submit’] tujuannya suatu variabel array, variabel ini bakal diset (mempunyai nilai) seandainya tombol submit (Kirim) yang berada pada form HTML di click. Jadi kode isset($_POST[‘submit’]) bakal membuahkan nilai true seandainya tombol kirim pada HTML telah di click. Buat lebih jelas perihal keterangan if serta keterangan isset kamu bisa membukanya link itu.

Pada baris nomor 25 ada kode $nilai = $_POST[‘nilai’]; yang tujuannya kode $_POST[‘nilai’] sebagai array yang berisi nilai dari input nilai yang datang dari form HTML, lantas pada kode itu disimpan dalam variabel $nilai.

Pada baris nomor 27 ada kode if( ($nilai >= 90) ){, kode ini sebagai kode awal if . Yang tujuannya kode itu bakal melihat ulang keadaan bila variabel $nilai didalamnya tambah besar dari atau sama seperti 90 maka jalankan kode yang di dalam blok kode if itu (baris no 28), yang kodenya $grade = “A”;. Kode $grade = “A”; tujuannya yakni masukkan text A dalam variabel $grade. Namum bila variabel $nilai kuarng dari 90 maka jalankan kode else if dibawahnya.

Pada baris nomor 29 ada kode else if( $nilai >= 80 ){ yang mempunyai arti bila variabel nilai tambah besar dari atau sema dengan 80 maka jalankan kode di dalam else if itu (no 30). Pada baris nomor 30 ada kode $grade = “B”; keterangan kode ini sama seperti pada baris nomor 28, tapi bakal dimasukkan text B.

Buat keterangan kode baris nomor 31 hingga sampai 34 hampir serupa dengan keterangan baris nomor 29. Yang bakal kita terangkan sesudah itu yakni pada baris nomor 35 – 37, yakni ada blok kode else. Blok kode else bakal digerakkan seandainya semua prasyarat if serta else if tidak ada yang sesuai dengan. Pada kode itu variabel $grade bakal di isi dengan text “Nila yang anda tambahkan salah, silahkan coba lagi”.

Lantas pada baris nomor 39 ada kode echo “Nilai: $nilai Mendapat Grade: $grade”; yang mempunyai arti memperlihatkan tulisan serta variabel yang ada di dalam isyarat kutip itu.

Demikian buat keterangan contoh program PHP memakai if else. Seandainya kamu mempunyai pertanyaan tentang contoh program ini silahkan tanyakanlah pada kotak kometar di bawah. Serta seandainya kamu baru mendatangi di situs Langkah Kode, silahkan baca seri panduan belajar PHP basic, yang mungkin dapat menaikkan pemahaman kamu tentang bahasa pemrogramman PHP.

Share to